Senin, 05 Desember 2011

Artikel Pendidikan :: Contoh Hasil Implementasi Model Pembelajaran Tematik

Contoh Hasil Implementasi Model Pembelajaran Tematik - Sebelum membaca artikel tentang Contoh Hasil Implementasi Model Pembelajaran Tematik, ada baiknya untuk membaca artikel terdahulu tentang Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran Tematik atau Artikel tentang Konsep Pembelajaran Tematik.

Persiapan perencanaan tindakan
Perencanaan tindakan dirancang berdasarkan hasil studi awal di sekolah yang akan dijadikan lokasi penelitian penerapan model pembelajaran tematik di kelas II Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil studi awal diketahui bahwa guru yang akan menjadi mitra peneliti dalam penelitian implementasi model pembelajaran tematik untuk meningkatkan kemampuan dasar siswa Sekolah Dasar, baik pada sekolah kategori baik, sedang mapun kurang belum memiliki pemahaman yang cukup tentang pembelajaran tematik. Selain itu, pendekatan pembelajaran yang dilakukan di kelas II masih menggunakan pendekatan bidang studi walaupun kurikulum yang digunakan sebagai pedoman pembelajaran di kelas II saat ini adalah kurikulum 2004 (kurikulum berbasis kompetensi). Artinya guru belum pernah menerapkan model pembelajaran tematik di kelas. Oleh karena itu, untuk menyamakan persepsi tentang pembelajaran tematik antara guru dengan peneliti dilakukan pembekalan tentang pembelajaran tematik, yang menyangkut perencanaan dan penerapan pembelajaran tematik di kelas.   Setelah dilakukan pembekalan terhadap guru, dilakukan diskusi untuk membuat rencana dan jadwal tindakan di masing-masing sekolah kategori baik, sedang dan kurang.

Pada tahap awal perencanaan tindakan dilakukan analisis terhadap standar kompetensi dasar (SKD) dan kompetensi dasar (KD) pada mata pelajaran yang akan dipadukan. Berdasarkan hasil analisis SKD dan KD ditentukan tema yang akan  diangkat  sebagai  pemadu / pengait antara mata pelajaran yang akan dipadukan. Setelah dilakukan diskusi antara guru dan peneliti, disepakati tema yang diangkat adalah tentang permainan, rekreasi dan kegemaran. Pelaksanaan tindakan akan dilakukan secara paralel di sekolah kategori baik, sedang dan kurang. Perencanaan pembelajaran tematik dirancang oleh guru bersama-sama dengan peneliti dan diujicobakan pada sekolah berkategori baik, sedang maupun kurang.

Pelaksanaan Ujicoba Tindakan di Sekolah
Berdasarkan  hasi  ujicoba  yang  telah  dilaksanakan  sebanyak  lima  kali putaran diketahui bahwa dalam penerapan model pembelajaran tematik di sekolah kategori  baik,  sedang  dan  kurang  secara  umum  memiliki  pola  peningkatan perbaikan yang sama pada tiap ujicoba. Pola peningkatan perbaikan ini dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran tematik maupun kemajuan aktivitas belajar siswa selama dilakukannya ujicoba. Adapun alur implementasi model pembelajaran tematik yang terjadi di setiap sekolah,  dari  desain,  implementasi  dan  evaluasi  pembelajaran  secara  umum seperti yang ditunjukkan pada bagan di bawah ini.
(klik gambar untuk memperbesar)
Contoh, hasil, implementasi, model pembelajaran, pembelajaran tematik, artikel, makalah, penelitian, uji coba,

0 komentar:

Poskan Komentar