Selasa, 10 April 2012

Contoh Penelitian :: Desain Ekonomi Mikro

Selamat datang di blog Jurnal Pendidikan. Sobat Jurnal Pendidikan Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Jurnal Penelitian dengan judul "Kajian Desain Pada Industri Jilbab Katun Paris di Kota Cianjur Dikorelasikan dengan Konteks Ekonomi Mikro". atau mungkin sobat pendidikan ingin terlebih dahulu membaca posting sebelumnya "Menengok Jenis dan Manfaat/Kahasiat Madu Dari Segi Ilmiah dan Islamiyah Serta Avicenna".semoga bermanfaat.


Kajian Desain Pada Industri Jilbab Katun Paris di Kota Cianjur
Dikorelasikan dengan Konteks Ekonomi Mikro

Oleh : Citra Puspitasari, S. Ds

A. Latar belakang masalah

Bisnis jilbab di Indonesia dalam rentang waktu dua sampai tiga tahun belakangan ini cukup banyak diminati. Terbukti dengan semakin sering dijumpai sentra-sentra industri yang menjadikan jilbab sebagai produk andalan. Ada berbagai macam jenis jilbab yaitu antara lain, jilbab kaos, jilbab sutra, jilbab katun paris dan sebagainya.

Berbeda dengan kondisi dua puluh tahun yang lalu dimana jilbab acapkali dianggap memiliki gaya yang tidak modis, maka sekarang justru kebalikannya. Banyak orang berduyun-duyun menggunakan jilbab salah satu alasannya adalah agar tampil modis selain tentu saja mengikuti syari’at islam dalam rangka menutup aurat.  Salah satu jenis jilbab yang sekarang dianggap sebagai jilbab yang modis (dapat digayakan sedemikian rupa) adalah jilbab berbahan katun paris. Tidak sulit mencari jilbab jenis ini, ada berbagai pilihan tempat yang dapat dikunjungi. Mulai dari kelas emperan hingga kelas butik, dapat dipastikan jilbab berbahan katun paris mudah untuk ditemui.

Pada awalnya, jilbab ini tampil polos, namun seiring berjalannya waktu, jilbab katun paris mengalami banyak pengembangan, khususnya dari segi penambahan aplikasi yang dapat mempercantik tampilan jilbab tersebut.

Selain di dunia nyata, penjualan jilbab katun paris ini juga merambah di dunia maya. Hanya dengan mengetik key word ’ jilbab katun paris’ pada mesin pencari data di internet (google, yahoo, dan sebagainya) maka akan muncul deretan unit usaha yang menawarkan produk jilbab berbahan katun paris dengan berbagai macam jenis aplikasinya. Kesemua produk jilbab katun paris yang ditawarkan di berbagai unit usaha yang berbeda kurang lebih banyak kesamaan dalam hal desain aplikasi.

Karena alasan tersebut salah satunya maka dalam makalah ini dikaji lebih lanjut apakah kecenderungan desain aplikasi pada jilbab katun paris yang mirip bahkan sama memang tidak disenagaja atau justru disengaja. Sebagai salah satu sample dari sekian banyak wilayah yang didalamnya terdapat industri jilbab katun paris, maka penulis melakukan studi kasus pada industri jilbab katun paris di kota Cianjur.

Cianjur merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki image suasana islami. Hal ini dikarenakan banyak terdapat pesantren di hampir tersebar di semua wilayah Cianjur, selain itu atmosfer keislaman nampak pada tulisan Asma’ul Husna yang berjejer di pembatas jalan yang ada di sepanjang gerbang masuk menuju kota Cianjur dari arah Padalarang.

download lengkap versi pdf | doc

itulah tadi posting Contoh Penelitian tentang "Kajian Desain Pada Industri Jilbab Katun Paris di Kota Cianjur Dikorelasikan dengan Konteks Ekonomi Mikro". semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam

2 komentar:

  1. Sehubungan dengan akan diselenggarakan kegiatan Seminar Ilmiah Nasional Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Teknik Sipil (PESAT) 2013 dengan tema Peningkatan Daya Saing Bangsa Melalui Revitalisasi Peradaban pada tanggal 8-9 Oktober 2013 di Bandung, maka kami mengundang Bapak/ibu/sdr/sdri turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada alamat URL http://penelitian.gunadarma.ac.id/pesat

    BalasHapus
    Balasan
    1. termiakasih atas kunjungan dan informasinya, semoga kegiatan seminar berjalan lancar dan sukses sesuai dengan harapan.

      Hapus