Senin, 23 April 2012

Contoh Penelitian Jejaring Sosial Facebook

Contoh Penelitian Tentang Facebook

Selamat datang di blog Jurnal Pendidikan. Sobat Jurnal Pendidikan Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Contoh Penelitian Jejaring Sosial dengan judul "Analisa Jejaring Sosial Facebook Sebagai Refleksi Gaya Hidup Digital" yang disusun oleh sobat Satrio Hari Wicaksono. atau mungkin sobat pendidikan ingin terlebih dahulu membaca posting sebelumnya yang membahas "Contoh Penelitian Tentang Pendidikan Anak Usia Dini".semoga bermanfaat.

ilustrasi

Analisa Jejaring Sosial Facebook Sebagai Refleksi Gaya Hidup Digital
Oleh: Satrio Hari Wicaksono

LATAR BELAKANG
Gaya hidup adalah sebuah penampilan luar sebuah individu ataupun kelompok manusia dalam usahanya mengaktualisasikan diri dalam lingkungan bermasyarakatnya. Gaya hidup erat kaitannya dengan kebudayaan dimana sosok individu atau sekelompok masyarakat tersebut melakukan interaksi sosialnya.
Secara umum kebudayaan dapat di definisikan sebagai :
  1. Study of perfection, that is the highest that can afforded by man (Arnold)
  2. Pencapaian yang Adi luhung (Ki Hajar Dewantara)
  3. All man made world; yang membedakan manusia dengan alamnya.
  4. The ensemble of Social processes by wich meanings are produced, circulated and exchange ( Tony Thwaites)
Kebudayaan terus mengalami perubahan dan menyesuaikan dengan perkembangan pola hidup masyarakat. Dahulu, masyarakat harus mengumpulkan bahan makanan yang ada dalam alam untuk melangsungkan keberadaannya di muka bumi ini, hingga akhirnya muncul kesadaran dari manusia untuk mulai melepaskan ketergantungannya terhadap alam secara utuh dan berusaha untuk menyelaraskan kehidupannya untuk mengendalikan dan menciptakan ‘alam’nya sendiri. Dimulailah proses bercocok tanam yang merupakan awal bagi manusia untuk menciptakan kebudayaannya. Setelah itu, kebudayaan terus berkembang hingga mencapai taraf kebutuhan bagi manusia untuk mengaktualisasikan dirinya dalam lingkungan sosialnya.

Dalam susunannya, kebudayaan terdiri dari dua aspek utama yaitu aspek material culture dan aspek non material culture. Konteks gaya hidup digolongkan kepada aspek material culture, dimana aspek ini menyangkut kepada hal-hal yang bersifat terindera dan memiliki wujud nyata. Segala sesuatu yang bersifat kebendaan. Benda-benda tersebut erat kaitannya dengan kecenderungan atau kebutuhan manusia untuk mengaktualisasikan dirinya dalam lingkup sosialnya. Ketika benda tersebut dianggap sebagai benda yang sesuai dengan kebutuhannya baik secara fungsi dan nilai sosial, maka manusia akan kemudian mengkonsumsinya sebagai sebuah prestige dan sebagai gaya hidupnya.

Kapital adalah salah satu faktor untuk menentukan karakteristik seorang individu, hal ini dengan jelas menjadi salah satu cara untuk seseorang menunjukkan identitasnya. Kapital seringkali disebut dengan istilah modal. Secara keseluruhan ada 4 macam modal yang membentuk identitas tiap individu dalam kaitannya dengan gaya hidup, yaitu : modal budaya, modal sosial, modal simbolis dan modal ekonomi.

Modal budaya adalah sebuah modal pemikiran yang membuat seseorang memiliki pemikiran dan pengetahuan yang berkaitan dengan budaya. Modal budaya ini dapat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan atau pembelajaran yang dijalani seseorang atas dasar ketertarikan untuk mempelajari, memahami dan mengambil nilai-nilainya untuk dipraktekkan dalam kehidupan kesehariannya.

Modal sosial adalah sebuah modal yang menyatakan status kita dalam masyarakat. Maksudnya bagaimana menempatkan posisi suatu individu di dalam sebuah rantai sosial yang erat kaitannya dengan proses sosialisasi kapital seperti produksi dan konsumsi.

Lalu ada yang disebut sebagai modal simbolis, yaitu modal yang berkaitan dengan simbol-simbol yang diterima atau dimiliki seseorang dalam hidupnya, simbol yang menunjukkan bagaimana seseorang mendapatkan penerimaan dan perlakuan dari individu lain dan masyarakat di sekitarnya. Modal ini tidak bersifat wujud fisik yang tampak secara nyata sehingga tak bisa diukur kekuatannya, namun modal ini lebih berupa pengakuan secara umum oleh sekelompok masyarakat dalam wilayah tertentu.

Dan yang utama ialah modal ekonomi. Modal ekonomi adalah modal yang berhubungan dengan segala sesuatu yang memiliki nilai ekonomi, seperti uang, emas, tanah, rumah dan lain sebagainya. Secara fisik modal ekonomi dapat ditakar besar kecilnya, sehingga jumlah dari modal ekonomi yang dimiliki pada langkah selanjutnya akan memperlihatkan kondisi kepemilikan suatu barang secara materiil sebagai bukti nyata yang akan mengantarkan satu individu pada kondisi gaya hidupnya. Semakin besar jumlah kapital tersebut maka secara ekonomi faktor kapital yang dimiliki oleh seseorang akan semakin memperjelas kemampuan seseorang dalam merancang hingga mengeksekusi gaya hidupnya. Gaya hidup tidak dapat dipisahkan dari objek-objek pembentuknya maupun sebaliknya.

Pada proses berikutnya tiap individu akan berupaya untuk membaca, memahami, memproses dan memproduksi ulang beragam bentuk praktik-praktik dalam kehidupannya sendiri. Praktik dalam kehidupan dan pembahasan gaya hidup ini adalah sebuah pembahasan mengenai hasil yang dijalani, sebuah hasil yang dapat dilihat oleh individu lainnya. Praktik dapat saja membedakan seseorang dari individu lain, namun terkadang bisa jadi bukan sekedar menjadi individu itu sendiri, lebih menjadi gabungan dari sekelompok individu yang memiliki ketertarikan yang khas terhadap sesuatu yang kemudian menjadi pembeda dengan ketertarikan yang dimiliki sekelompok individu yang lainnya. Ini menjelaskan bahwa lingkungan sosial, dimana suatu individu melakukan interaksi dengan lingkungannya cukup memberikan pengaruh terhadap kecenderungan gaya hidup individu tersebut.

Kecenderungan lingkungan untuk mempengaruhi gaya hidup sekelompok individu terkadang tak hanya berkutat dalam ruang lingkup yang sempit, namun dalam skala yang besar dan bahkan bertaraf internasional. Demam jejaring sosial yang melanda belakangan ini dapat dikatakan sebagai salah satu contohnya, tak hanya regional dan nasional, namun sudah menjadi demam internasional. Hal inilah yang kemudian di klaim sebagai bagian dari gaya hidup, gaya hidup digital yang melipat ruang dan waktu.

Download Contoh Penelitian Facebook lengkap versi - pdf (download)

itulah tadi posting Contoh Penelitian tentang Jejaring Sosial Facebook. semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam

4 komentar:

  1. baru baca artikel tentang facebook dari sisi psikologis.. nice article..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas kunjungannya, blog agan juga bagus

      Hapus
  2. artikel yang sangat bagus sekali buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya sobat...

      Hapus