Senin, 30 April 2012

Contoh Penelitian Kesehatan Masyarakat :: Aplikasi Sistem Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) Melalui, Peran Aktif Masyarakat Dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan 2011-2015

Contoh Penelitian Kesehatan Masyarakat

Selamat datang di blog Jurnal Pendidikan. Sobat Jurnal Pendidikan Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi artikel tentang Contoh Penelitian Kesehatan Masyarakat dengan judul "Aplikasi Sistem Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) Melalui, Peran Aktif Masyarakat Dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan 2011-2015" yang disusun oleh Anwar Wardy W, Sp.S. (Neurologist, on FK.UMJ. kontak: facebook.com/anwarwardy, twitter.com/anwarwardy, anwarwardy@gmail.com ). atau mungkin sobat pendidikan ingin terlebih dahulu membaca posting sebelumnya yang membahas "Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Kemmis dan Mc Taggart".semoga bermanfaat.

Aplikasi Sistem Pemberdayaan Masyarakat (Sisdamas) Melalui, Peran Aktif Masyarakat Dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan 2011-2015
Oleh: Anwar Wardy W

Abstrak:
Membangun sistem untuk memberdayakan masyarakat dalam suatu tata kelola Organisasai/Lembaga pendidikan yang baik, lebih mudah, namun bila aplikasi sistem tersebut didayagunakan pada masyarakat yang beragam memerlukan cara mengorganisasikan dan melakukan peningkatan pengawasan yang sinergis.

Sistem ini memberikan gambaran upaya manajemen sektor publik yang berhubungan dengan korporat yang memahami pentingnya pelayanan kesehatan sehingga memerlukan tingkat pemahaman dan penerapan good governance; suatu tata-kelola peningkatan pelayanan kesehatan publik yang telah berlangsung lama di Departemen Kesehatan RI dan tentunya memerlukan tata-cara yang baku demi percepatan pembangunan Peran Aktif Masyarakat hingga tahun 2015; sistem ini kita sebut sebagai ‘Sistem Pemberdayaan Masyarakat’(SisDaMas).

SisDaMas dibuat dalam bentuk skematik dan sistematis dengan penjelasan yang ringan, sehingga mudah dimengerti, memerlukan sedikit saja pemikiran, namun diperlukan kemampuan pengerahan masyarakat untuk diberdayakan dan komitmen ketegasan sikap pengelola pelayanan kesehatan. SisDaMas akan dilengkapi dengan hasil-hasil rapat koordinasi (rakor); untuk menilai Rencana strategis (Strategies Plan), rencana kerja (Perfomance Plan), penetapan kinerja (Perfomance Agreement) dan pertanggungjawaban kinerja (Perfomance Accountability Report) yang telah disusun.

Diperlukan pengawasan internal agar dapat merespon interaksi peran yang telah dilaksanakan masyarakat; permasalahan internal memerlukan peran penyelenggaran Institusi pendidikan Kedokteran dan Kesehatan agar tercipta kesinambungan yang sinergi antara pelayanan, pendidikan dan riset.

Dalam aplikasi SisDaMas harus memastikan berjalannya sistem Pengawasan & Kepatuhan atas Standar yang telah ditetapkan, serta sinergi dikembangkan dengan Koordinasi Pemda baik Propinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Lurah sampai kesektor masyarakat agar tercipta akuntabilitas.

Kedua belah pihak (pemerintah dan masyarakat) dapat menjelaskan kepada masyarakat dan lembaga lain (Stakeholder) mengenai upaya yang telah dilakukan di bidang Pelayanan Kesehatan baik Input-Proses-Output dan Impact. Katakunci: Aplikasi SisDaMas, Pemberdayaan Masyarakat, Pemda.



Selengkapnya mengenai SISDAMAS oleh Bpk. Anwar Wardy W, Sp.S. silakan sobat (download) gratis.

itulah tadi posting Contoh Penelitian Kesehatan Masyarakat. semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam

4 komentar:

  1. contoh PTK mata pelajaran tata busana ada nga gan ? mohon bantuanya terimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. diusahakan gan,, terima kasih atas kunjungannya...

      Hapus
  2. Terimah kasih atas tanggapannya admin , saya membuthkan bantuan dari anda ,,,,, mohon di balas jika PTK tata busana telah ada ,, terimah kasih sekali lagi

    BalasHapus