Selasa, 10 April 2012

Contoh Penelitian Tentang Globalisasi

Pengaruh Globalisasi Pada Desain Busana Pengantin Wanita Di Indonesia


Selamat datang di blog Jurnal Pendidikan. Sobat Jurnal Pendidikan Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Contoh Penelitian dengan judul "Pengaruh Globalisasi Pada Desain Busana Pengantin Wanita Di Indonesia". atau mungkin sobat pendidikan ingin terlebih dahulu membaca posting sebelumnya "Contoh Penelitian :: Korsase Pelengkap Busana Wanita".semoga bermanfaat.

ilustrasi busana pengantin

PENGARUH GLOBALISASI PADA DESAIN BUSANA PENGANTIN WANITA DI INDONESIA
Disusun Oleh: Arini Arumsari S.Ds, M.Ds

Latar Belakang
Dalam bukunya Fashion From Concept to Costumer, Gini Stephens Frings menjelaskan definisi fashion dari konsep dasarnya, yaitu fashion sebagai sebab akibat dan refleksi yang terjadi akibat keadaan sosial, politik, ekonomi dan kekuatan artistik yang sedang berkembang pada saat tersebut. Gaya yang berkembang dan berevolusi dari faktor-faktor tersebut menceritakan kejadian prasejarah atau kejadian-kejadian sosial yang berdampak pada bagaimana orang bepakaian dan berubah secara periodik sesuai berkembangnya keadaan sosial dan faktor lainnya yang mempengaruhi di atas. Seluruh ruang ganti dari zaman ke zaman  mampu  menceritakan dan mencerminkan siklus trend pada bagaimana cara orang berfikir dan hidup. Maka busana atau pakaian merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia dan selalu berubah mengikui perkembangan zaman.

Dalam kehidupan sehari-hari selain fungsi utama pakaian sebagai pelindung dan penutup tubuh, juga karena lewat busana orang dapat mengekspresikan jati diri, identitas, pendapat dan selera masing-masing.Secara defintif busana dapat diartikan sebagai suatu barang yang dipakai pada tubuh manusia dengan tujuan untuk menutup aurat atau melindungi tubuhnya baik secara fisik, etik, dan estetik maupun utuk tujuan simbolik sesuai dengan lingkungan alam dan nilai-nilai sosial budayanya.

Busana pengantin merupakan suatu pakaian yang tidak dapat dikenakan sembarangan. Karena menyimpan harapan bahwa hanya akan digunakan sekali seumur hidup maka hanya akan digunakan oleh orang yang tepat di waktu yang tepat demi suatu alasan yang tepat. Dengan melibatkan banyak hal lain seperti budaya, agama, ideologi dan lain-lain. Maka segala makna dan keagungan yang terkandung didalamnya itu memikat banyak orang untuk lebih mengerti, meneliti, dan mengolahnya.

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas pengaruh globalisasi pada desain busana pengantin wanita di Indonesia. Saat ini mulai bayak orang Indonesiakhususnya wanita Indonesa yang lebih memilih menggunakan gaun pengantin modern (eropa/barat) dibandingkan kebaya ataupun pakaian daerah  lainnya. Walaupun pada awalnya gaun pengantin ini  memang berasal dari kebudayaan eropa dan terutama umat kristiani, namun seiring dengan perkembangan zaman dan globalisasi budaya yang terjadi di Indonesia maka penggunaan gaun pengantin modern ini pun menjadi marak digunakan.

Salah satu buktinya adalah fenomena beberapa tahun belakangan ini, mulai berkembangnya industri penyelenggara pernikahan (wedding organizer), bridal, dan desain gaun pengantin.Tahun ini saja banyak diadakan pameran–pameran bridal di kota-kota besar di Indonesia, dan masyarakat pun menyambutnya dengan sangat antusias.Karena pada saat ini gaya hidup masyarakat telah berubag dan jasa bridal ini kini sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat di kota-kota besar di Indonesia.
Dengan mulai dibutuhkannya industri gaun pengantin modern ini di Indonesia, maka orang pun berlomba-lomba untuk menggeluti usaha ini, dengan menimbang-nimbang keuntungan besar yang akan diperoleh dari bidang ini. Gaun pengantin modern bisa menjadi sangat variatif dalam hal model atau gaya. Bisa juga memadukan berbagai jenis gaya, tidak hanya terdiri dari satu gaya saja. Karena dalam perancangan sebuah gaun pengantin melibatkan banyak faktor seperti agama, kebudayaan, tradisi, selera, trend dan lain-lain.

Download Contoh Penelitian Globalisasi lengkap versi - doc

itulah tadi posting Contoh Penelitian tentang Globalisasi. semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam

0 komentar:

Poskan Komentar