Sabtu, 05 Mei 2012

Contoh Penelitian Tentang Minuman Anggur

Penelitian Tentang Minuman Anggur

Selamat datang di blog Jurnal Pendidikan. Sobat Jurnal Pendidikan Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi artikel tentang Contoh Penelitian Tentang Anggur dengan judul "Penentuan Konsentrasi Natrium Bikarbonat Dan Asam Sitrat Pada Pembuatan Serbuk Minuman Anggur Berkarbonasi (Effervescent)" yang disusun Oleh sobat Diny A. Sandrasari dan sobat Zaenal Abidin. atau mungkin sobat pendidikan ingin terlebih dahulu membaca posting sebelumnya yang membahas tentang "Penelitian Tentang Buah Anggur :: Pengaruh Penambahan Ekstrak Etanol 70% Buah Anggur Biru (Vitis Vinifera L) Terhadap Kelarutan Kalsium Batu Ginjal".semoga bermanfaat.

Contoh Penelitian Tentang Minuman Anggur
ilustrasi

PENENTUAN KONSENTRASI NATRIUM BIKARBONAT DAN ASAM SITRAT PADA PEMBUATAN SERBUK MINUMAN ANGGUR BERKARBONASI (EFFERVESCENT)

DETERMINATION OF THE CONCENTRATIONS OF SODIUM BICARBONATE AND CITRIC ACID IN CARBONATED GRAPE DRINK (EFFERVESCENT) PRODUCTION

Diny A. Sandrasari* dan Zaenal Abidin

Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Universitas Sahid Jakarta
Jl. Prof. Dr. Soepomo 84 – Jakarta Selatan 12870
Email: diny_sandrasari@yahoo.com

ABSTRACT

This objectives of this study were to determine the concentrations of sodium bicarbonate and citric acid in the production of carbonated grape drink (effervescent). The research method used in this study was an experimental method using a completely randomized factorial design with three replications. The result showed that sodium bicarbonate and citric acid affected on moisture content, pH, dissolve of carbonated grape drink, and percentage of foam volume.
Keywords: effervescent, sodium bicarbonate, citric acid, grape

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsentrasi natrium bikarbonat dan asam sitrat terhadap mutu minuman anggur berkarbonasi (effervescent). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap faktorial dengan tiga kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa natrium bikarbonat dan asam sitrat berpengaruh sangat nyata terhadap kandungan air, pH, kelarutan dan uji buih.
Kata Kunci: minuman berkarbonasi, natrium bikarbonat, asam sitrat, bahan anggur

PENDAHULUAN

Anggur merupakan buah yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan karena kandungan kimia yang terdapat di dalamnya, salah satu diantaranya adalah flavonoid. Flavonoid merupakan antioksidan alami yang mampu melindungi sel dari radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif. Anggur dalam bentuk sari buah diketahui mempunyai aktivitas antioksidan dan mampu menghambat oksidasi LDL (Dawn et al., 2002). Untuk memberikan alternatif bentuk sediaan lain yang lebih mudah dikonsumsi, dan dapat diterima konsumen maka dalam penelitian ini disajikan ekstrak anggur dalam bentuk serbuk minuman effervescent dengan asam sitrat sebagai sumber asam dan natrium bikarbonat sebagai sumber basa. Keunggulan minuman effervescent dibandingkan dengan minuman lain adalah selain menghilangkan rasa dahaga dan memberikan rasa segar. minuman ini memiliki rasa yang lebih nikmat, memberi efek sparkle dan dikemas dalam bentuk yang lebih praktis, sehingga memudahkan untuk dibawa dan diminum kapan saja. Selain itu, effervescent juga bisa menutupi rasa obat atau zat dari bahan utamanya (Lestari et al., 2007).

Dasar formula minuman effervescent adalah terjadinya reaksi antara senyawa asam (asidulan) dengan karbonat atau bikarbonat sehingga menghasilkan karbondioksida. Natrium bikarbonat merupakan hablur yang tidak berwarna dan mudah larut dalam air. Pada minuman effervescent natrium bikarbonat berfungsi sebagai penghasil gas dalam larutannya (Kumar et al., 2009).

Berdasarkan penjelasan di atas diketahui bahwa konsentrasi asam dan natrium bikarbonat dapat mempengaruhi efek menyegarkan dan pembentukan gas karbondioksida (efek effervescing). Kandungan karbon dan asam yang tidak seimbang pada produk dapat menyebabkan hilang atau berkurangnya efek rasa menyegarkan dan pembentukan gelembung gas pada produk. Hal ini disebabkan karena konsentrasi garam bikarbonat tidak tepat untuk dapat habis bereaksi dengan konsentrasi asam sitrat yang ada (Lieberman et al., 1989). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsentrasi natrium bikarbonat dan asam sitrat yang tepat agar dapat menghasilkan produk minuman anggur berkarbonasi dengan mutu yang terbaik.

Selengkapnya mengenai Penelitian Minuman Anggur Karbonasi dengan judul "Penentuan Konsentrasi Natrium Bikarbonat Dan Asam Sitrat Pada Pembuatan Serbuk Minuman Anggur Berkarbonasi (Effervescent)". silakan sobat (download).

itulah tadi posting Contoh Penelitian Tentang Anggur Karbonasi. semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam

0 komentar:

Poskan Komentar