Kamis, 20 September 2012

Contoh Penelitian Tumbuhan Kecapi :: Isolasi Dan Elusidasi Struktur Senyawa Triterpenoid Dari Ekstrak Etil Asetat Kulit Batang Tumbuhan Kecapi

Contoh Penelitian Tumbuhan Kecapi

Selamat datang di blog Jurnal Pendidikan. Sobat Jurnal Pendidikan Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi artikel tentang Contoh Penelitian Tentang Tumbuhan Kecapi dengan judul "Isolasi Dan Elusidasi Struktur Senyawa Triterpenoid Dari Ekstrak Etil Asetat Kulit Batang Tumbuhan Kecapi" yang disusun oleh sobat Erma Suryani (Program Studi Kimia Pascasarjana Universitas Andalas Padang). atau mungkin sobat pendidikan ingin terlebih dahulu membaca posting sebelumnya yang membahas tentang "Contoh Penelitian Buah Kawista :: Identifikasi Character Impact Odorants Buah Kawista".semoga bermanfaat.


Kecapi (Sandoricum koetjape Merr) adalah tumbuhan obat dari famili Meliaceae yang merupakan tumbuhan asli kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Kamboja, dan Laos Selatan (Ismail et al., 2003). Nama lain dari tumbuhan kecapi di Indonesia adalah sentul, santu, sentulu dan ketuat.

Akar dan daun tumbuhan kecapi berkhasiat sebagai obat keputihan dan obat mulas, daunnya digunakan untuk obat batuk. Selanjutnya tumbuhan kecapi juga digunakan untuk mengobati sakit mata dan obat panas (Tinggen, 2000). Masyarakat tradisional Malaysia menggunakan ekstrak kulit batang kecapi untuk pemulihan tenaga setelah melahirkan (Nassar et al.,2010). Beberapa penelitian tentang fitokimia dan sifat farmakologis dari tumbuhan kecapi telah dilaporkan. Berbagai senyawa bioaktif telah diisolasi dari buah, biji, daun dan kulit batang tumbuhan kecapi, diantaranya sebagai anti-feedant (Powell et al., 1991), antiinflamasi (Rasadah et al., 2004) dan baru-baru ini Nassar et al. (2011) melaporkan bahwa tumbuhan kecapi menunjukkan aktivitas sebagai anti angiogenik yang sangat penting dalam terapi kanker.

Ttriterpenoid adalah kelompok senyawa bahan alam turunan terpenoid dengan kerangka karbon yang dibangun oleh enam C-5 yang di sebut unit isopren (2-metilbuta-1,3-diene). Triterpenoid yang tersebar luas adalah triterpenoid pentasiklik. Lebih dari sepuluh senyawa triterpenoid telah di isolasi dari tumbuhan kecapi, hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan kecapi kaya akan senyawa triterpenoid (Nassar et al., 2010).

Senyawa golongan triterpenoid menunjukkan aktivitas farmakologi yang signifikan, seperti anti-viral, anti-bakteri, anti-inflamasi, sebagai inhibisi terhadap sintesis kolesterol dan sebagai anti kanker (Nassar et al., 2010). Lage et al.,(2010) menyatakan bahwa senyawa terpenoid dari spesies tumbuhan Euphorbia memberikan aktivitas anti tumor. Selanjutnya senyawa terpenoid yang di isolasi dari tumbuhan Nardophyllum bryoides menunjukkan aktivitas sitotoksik terhadap sel pangkreatik adenokarsinoma manusia (Sanchez et al.,2010).

Mengingat potensi dari senyawa triterpenoid dan banyaknya manfaat tumbuhan kecapi, serta besarnya jumlah senyawa golongan triterpenoid pada tumbuhan kecapi. Perlu kiranya dilakukan isolasi senyawa metabolit sekunder dari kulit batang tumbuhan kecapi untuk mendapatkan struktur senyawa triterpenoid lainnya, baik yang baru atau pun yang sudah dikenal dari tumbuhan lain sebelumnya.

Selengkapnya mengenai contoh penelitian Tumbuhan Kecapi diatas, silakan sobat jurnal pendidikan download, format pdf (klik disini)

Itulah tadi posting mengenai Contoh Penelitian Tentang Tumbuhan Kecapi. semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam

0 komentar:

Poskan Komentar